Menjaga Kreativitas
Motivasi Opini Pendidikan

Menjaga Kreativitas

Gabung Microstock Group WhatsApp klik di sini! kalau sudah penuh Klik di sini untuk Join di Telegram!

sangpena.com – Kita semua – setidaknya yang saya ketahui – hampir selalu beranggapan bahwa hanya otak kanan yang mayoritas menggunakan unsur kreativitas dalam keseharian hidupnya. Padahal, kenyataannya tidaklah selalu demikian. Apalagi sebuah anggapan yang mengira bahwa kreativitas terbatas pada kegiatan yang mengandung unsur seni dan visual.

Pada dasarnya semua orang sudah dibekali kemampuan untuk lebih kreatif, berani beda, berani berkarya dan segala kemampuan yang memiliki daya cipta. Hanya saja, sedikit sekali yang kemudian memoles “anugerah” kreativitas itu ke jalan yang lebih terfokus: aktivitas, hobi, hingga penghasilan.

Kreativitas bisa kita terjemahkan sebagai sebuah kemampuan, kemauan untuk membayangkan sesuatu dan merealisasikannya ke dalam kehidupan nyata. Jadi, kreativitas itu bukan terhenti pada ide, tetapi juga sudah diaplikasikan dalam wujud aksi. Jika hanya sebatas ide, maka kreativitas masih terkurung – harus dituangkan: entah itu dalam coretan, sketsa, atau apa saja.

Kita pasti pasti pernah memiliki berbagai ide kreatif yang belum sempat terlaksana dengan baik, entah karena kesibukan kita yang terlalu banyak, atau keterbatasan sumber daya untuk merealisasikan ide kreatif tersebut. Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa kita coba untuk menjaga ketajaman otak kita agar tetap kreatif!

  • Menjaga Kesehatan
    Sebagaimana sebuah aset kreatifitas, menjaga stamina tubuh agar tetap fit adalah sebuah keharusan. Karena dengan kondisi sehat, kita bisa merumuskan lebih banyak ide dibandingkan ketika dalam kondisi sakit.
  • Berkumpul Dengan Orang Kreatif
    Percaya atau tidak, jika kita berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan pemikiran out of the box dalam melihat sebuah problem, maka lama-kelamaan kita juga memiliki kemampuan tersebut. Tidak instan memang, butuh waktu dan keseriusan untuk mengasahnya. Sulit? Iya, tapi sangat mungkin untuk bisa dilakukan. Caranya cukup menemukan relasi orang-orang yang bekerja di bidang kreatif.
  • Jangan Lupa Bawa Catatan
    Ide-ide luar biasa seringkali terlintas di saat kita tidak sedang memikirkan ide tersebut, kejadian semacam ini membutuhkan tindakan cepat. Membawa catatan kecil adalah salah satu solusinya. Dengan keberadaan smartphone, saat ini kita lebih dimudahkan untuk sekedar membuat list ide-ide kreatif atau mengabadikan sebuah momen yang bisa memicu munculnya ide kreatif untuk ditindak lanjuti.
  • Komitmen Untuk Terus Belajar
    Kreativitas bukanlah kemampuan yang tumbuh dalam hitungan hari. Ia adalah sikap yang mendarah daging yang dipupuk dalam jangka waktu yang panjang. Memiliki imajinasi yang berkualitas harus diawali dengan pola pikir yang berbeda dari sudut pandang umum – inilah nilainya sebuah kreativitas: melihat dengan sudut pandang yang TIDAK BIASANYA.
  • Kolaborasi, Kenapa Tidak?
    Ide besar tidak akan terlaksana jika dikerjakan sendirian, effortnya akan lebih besar dan pikiran kita bisa jadi tidak siap jika ide tersebut terbentur sebuah masalah yang tidak kita duga sebelumnya. Maka, jangan malu mengajak kawan untuk menjadi partner kita. Kreativitas ide besarnya bisa kita temukan, tetapi merealisasikan selalu butuh tim, butuh kawan.
  • Banyak Membaca
    Ilmu selalu menghadirkan pandangan baru dalam kehidupan. Dengan semakin banyak membaca, secara tidak langsung kita sedang menabung asset, database pemikiran yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan untuk eksekusi sebuah ide baru. Bahkan dengan membaca, kita bisa langsung menemukan sebuah ide – dengan penyempurnaan yang luar biasa!
  • Jangan Takut Untuk Keluar
    Jalan-jalan adalah cara paling ampuh untuk menggali ide baru. Keluar dari zona nyaman akan menjadikan kita menemukan kumpulan ide brilian yang terserak di jalanan. Saat di ruangan ide sudah benar-benar buntu, barangkali Tuhan sudah menyiapkan kejutannya di luar, kita harus keluar dan menemukannya!

Kreativitas adalah mahal, jika kita memiliki ide-ide hebat, dan kita mampu merealisasikannya, maka dijamin kita akan menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik. Tetap kreatif, tetap berkarya, tetap santun kepada sesama 🙂

Jakarta, 12 Januari 2015 (20:56)

1 Comment

Click here to post a comment

Tanya Jawab Microstock