Smartphone Fotografi

Smartphone Fotografi

738
0
Smartphone Fotografi
picsource: www.yjc.ir

sangpena.com – Fotografi menggunakan ponsel kini menjadi salah satu tren bagi pengguna ponsel pintar dengan berbagai merk. Berbagai sebutan juga akhirnya bermunculan sesuai dengan merknya, seperti: iPhoneography, bagi pengguna iPhone, dan lain-lain.

Apa maksud sebenarnya dari semua hal tersebut? Bahwa seiring dengan kemajuan pesat teknologi yang disematkan di ponsel memungkinkan para pengguna untuk membuat sebuah “karya seni” menggunakan smartphone. Instagram misalnya, salah satu aplikasi dengan pertumbuhan luar biasa yang turut menjadi pemicu para pengguna ponsel pintar untuk eksplorasi kemampuan dalam mengambil moment atau gambar terbaik via smartphone.

Saya yakin, kebanyakan dari kita sudah menggunakan lebih dari satu smartphone pada saat bersamaan – fakta. Hanya saja belum banyak yang mendalami aktivitas Fotografi Menggunakan Smartphone. Jika beberapa tahun silam kita lebih familiar mengambil gambar menggunakan kamera poket, maka saat ini sudah saatnya beralih menggunakan smartphone – apalagi dukungan pihak pengembang aplikasi yang semakin memperkaya fitur bagi pengguna dalam mengambil sebuah gambar.

Jika tanpa sengaja kamu menemukan artikel ini dan punya ponsel dengan fitur kamera, yeah! Cobalah mengambil sebuah gambar outdoor atau indoor, mulailah dengan semangat seorang profesional dalam mengambil gambar.

Pada awal-awalnya tentu akan terasa kaku, karena keterbiasaan kita yang memang mengambil gambar seadanya. Belum sampai menyentuh aspek-aspek fotografi yang harusnya diketahui dalam mengambil sebuah gambar (lain kali saya akan menulisnya di sini).

Hal penting yang perlu diketahui adalah, manfaat besar kecilnya MegaPixel dalam sebuah kamera itu tergantung dari penggunanya. Gambar yang berkualitas, bukan melulu tentang besarnya ukuran output file setelah jadi, tetapi lebih ke “apa sih pesannya” dari suatu gambar, good looking, dan lain-lain.

Sesekali mungkin kita pernah menemukan momen yang sangat langka, dan mengandung pesan luar biasa – misalnya. Maka jangan ragu untuk mengambil kesempatan. Salah satu seni dalam fotografi adalah tentang mengambil momen yang tepat, atau menemukan momen yang tepat – dan sesekali menciptakan momen yang tepat.

Benih padi yang masih hijau, belum ditanam ulang. Lokasi di areal persawahan desa medalem - Blora Jawa Tengah
Benih padi yang masih hijau, belum ditanam ulang. Lokasi di areal persawahan desa medalem – Blora Jawa Tengah
Singkong muda, sepanjang sawah tanaman ini biasa menjadi "pagar" di tepian.
Singkong muda, sepanjang sawah tanaman ini biasa menjadi “pagar” di tepian.

Lain kali kita bahas lagi tentang Smartphone Photography, selamat beraktivitas di akhir pekan ya, jangan ragu bertanya atau menghubungi saya via socmed atau email yang tercantum. Terima kasih 🙂

Jakarta, 25 Juli 2015

LEAVE A REPLY