10 Peringkat Teratas Microstock Agensi Tahun 2020

 

Punya Telegram? Silaturahmi di sini yuk!

SANGPENA.COM – Microstock adalah sebuah bisnis online untuk mendapatkan extra income (pemasukan ekstra) dari perusahaan/agensi microstock, populer dengan sebutan Microstock Site Companies atau Microstock Agencies. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam foto, illustrator dan video. (stockuang.com).

Jadi, kembali ke judul tulisan.

Siapakah TOP 10 Microstock Agency di tahun 2020 ini?

Jika dibandingkan dengan Top 10 Situs Microstock Agency 2018 sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan peringkat, khususnya di peringkat 5 ke bawah.

Rangking situs Microstcok yang ditulis di bawah ini berdasarkan hasil dari Microstock Poll Result di website microstockgroup.com ditambah data tambahan Alexa Rank sebagai perbandingan.

 Situs Alexa Rank
Shutterstock125
Fotolia (sekarang Adobe Stock) 14.365
iStock578
Pond5 11.506 
Alamy2.920
123RF811
Dreamstime 1.001
Getty Images 1.586
Eyeem36.221
Canva 10.859

Dari Alexa Global Rank di atas dapat dilihat bahwa Shutterstock memang masih merajai pasar Microstock saat ini. Semoga isu melemahnya saham Shutterstock tidak mengganggu kestabilan teman-teman yang mencari rezeki di sini :).

 

Tutorial Memasukkan Keyword di File EPS Shuttersotck Baca di sini!

Adobe Stock yang sebelumnya lebih dikenal sebagai Fotolia, mengalami penurunan ranking di Alexa yang paling parah. Ketika masih berstatus Fotolia, ranking terbaik Adobe Stock tembus di angka 3K-an, sekarang harus rela bertengger di angka belasan ribu. Tapi, tetep masih sangat layak untuk diseriusi kok.

Pond5 juga mengalami penurunan ranking, dari 6K-an menjadi belasan ribu. Berhubung punya akun di sini tapi tidak pernah nyetok, jadi no comment ya, kayaknya yang jualan footage di situ lebih paham :v

Yang konsisten peringkatnya naik adalah iStock, Alamy, 123RF dan Dreamstime. Dua pemain baru yang masuk dalam jajaran Top 10 Microstock agency ini adalah Eyeem & Canva. Sepertinya menarik untuk mulai dilirik di tahun 2020 ini. Mungkin pembaca yang sudah mencoba bisa tinggalkan jejak testimoni di kolom komentar.

Sebagai penutup, ranking Microstock di atas tentunya sangat subjektif, tergantung siapa yang memberikan vote, jadi tidak bisa dianggap 100% benar, cukup dijadikan gambaran saja bahwa situs-situs tersebut cukup kredibel untuk dijadikan sumber side income jika kita sudah tersedia stock desain siap upload.

Alexa Rank sendiri juga bukan garansi utama akan laris kalau jualan di situ, hanya sebatas pembanding karena sebelumnya pernah menulis ini di tahun 2018 dan mencantumkan skor alexa masing-masing website.

Nah!

Selamat menyambut akhir pekan pertama Januari 2020!

Tulisan ini diperbaharui
Majalengka, 3 Januari 2020

 

Mau Font Gratis Free For Commercial Use? Klik Di Sini

28 thoughts on “10 Peringkat Teratas Microstock Agensi Tahun 2020”

    • Halo kang, istri yang asli Majalengka. Hehe.
      Sekarang tinggal di Bandung, coba DM IG ya kang, nanti bisa berkabar kalau pas di Majalengka. Rencana munggahan balik Majalengka.

      Reply
  1. menarik euy bahasannya.. kebetulan sedang nyari microstock kedua setelah SS.

    Kalau menurut anda, dari ke 10 microstok itu selain Shutterstock, website manalagi yg oke??

    Saya masih baru lihat-lihat Dreamstime sihh..

    Reply
  2. Sy dari produsen kopi naturally low cafeein di Jogja, bisa jualan di situ ngg..sy gaptek, generasi old..bisa kolaborasi ngg ya..

    Reply
    • wah, kalau microstock produknya lebih ke desain grafis sm fotografi. Mungkin bisa kolaborasi sm temen2 fotografer di sekitar Jogja, barangkali bisa mengemas hasil jepretan seputar kopi yang menarik dan bernilai jual.

      Reply
  3. Bang mau tanya, untuk prtma kali dftar menggunakan ID numb nya dari KTP / SIM bisakah?? Di web” microstock tsb.
    Atau harus dengan paspor??
    Krna blm pny paspor hhu

    Reply

Leave a Comment