Download Watercolor Floral Frame Free For Commercial Use!

sangpena.com – (Tulisan part I) Setelah mengalami penundaan karena banyaknya protes dari kontributor, Shutterstock akhirnya benar-benar menerapkan metode / cara baru untuk proses upload stock vector ke website mereka. 

Wacana perubahan metode upload ini sebenarnya sudah muncul secara resmi pada awal April, tetapi baru benar-benar berlaku per 13 Mei kemarin. Sekalipun banyak gelombang penolakan seperti yang pertama, kali ini metode ini benar-benar sudah diterapkan. 

Apa yang berbeda metode baru dengan yang sebelumnya? 

 

Download Font Wajib Para Designer 100% Free For Commercial Use

Metode LamaMetode Baru
Ukuran artboard bebasUkuran artboard minimal 4MP
EPS 8 / 10EPS 8 / 10
JPG Preview 4MPTidak perlu JPG
Maksimal EPS ukuran 15MBUp to 100MB

Keterangan: Jika sebelumnya kita bisa sesuka dalam membuat ukuran artboard, aturan terbaru menuntut kontributor agar membuat ukuran lembar kerja minimal sebesar 4MP (Million Pixel)atau dengan kata lain ukuran artboard jika square adalah sebesar 2000×2000 pixel. 

Ukuran artboard Shutterstock terbaru

Kenapa gambar tersebut sengaja dibuat dengan ukuran lebih? beberapa kasus yang dikeluhkan muncul dalam aturan terbaru adalah, artboard sudah sesuai tetapi ditolak dengan alasan tidak memenuhi ukuran minimal ketentuan terbaru. Jadi angka di samping adalah semacam hitung-hitungan antisipasi reject sebelum review kontennya. Approve kok.

Ketentuan EPS Shutterstock

EPS 8 dan 10 masih menjadi ketentuan default Shutterstock di metode terbaru. Tetapi ada beberapa tips sebagaimana tercantum di website SS: 

Lakukan Simplify pada objek, caranya pilih semua objek di artboard, atau bisa terlebih dahulu dilakukan Grouping (CTRL + G) – Object > Path > Simplify, sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah ini: 

Mengecilkan ukuran EPS Shutterstock

Tips ini belum tentu bisa diterapkan dalam semua jenis design yang kita buat, setidaknya nanti bisa dicoba. Siapa tau cocok, contoh di samping ini dari 5124 points menjadi 1716 points (jangan lupa centang preview). Lumayan kan? 😀

Terakhir adalah saat menyimpan file EPS, untuk mengurangi besarnya file, lakukan beberapa tips berikut ini saat muncul tampilan dialog save as EPS.

Aturan file EPS Shutterstock

Jangan lupa pilih Use Artboards dan pilih range-nya, (tergantung berapa banyak design yang kita kerjakan dalam satu file Illustrator.


Aturan file EPS 10 Shutterstock
Tips menyimpan file EPS Shutterstock

Saat menyimpan file EPS, pastikan dibuat persis seperti gambar di atas. Pada bagian custom, Raster/vector balance dibuat nol + set semua angka di bawahnya ke 72 ppi. Jangan lupa centang bagian Anti-alias Rasters. 

Semoga bermanfaat, terutama bagi yang masih bingung dan reject karena alasan artboard tidak sesuai :))

Tulisan sambungan untuk keyword di EPS, menyusul ya. Selamat beribadah puasa, bagi yang menjalankan. 

Semarang, 18 Mei 2019

Photo by Domenico Loia on Unsplash