sangpena.com – Memulai bisnis harus punya modal puluhan juta? Kata siapa? Jika kamu adalah seorang mahasiswa atau karyawan yang menginginkan pemasukan tambahan tapi gak punya banyak uang sebagai modal usaha, kamu gak perlu kuatir. Kamu hanya perlu cukup cerdas dalam melihat peluang-peluang di sekelilingmu yang berpotensi menambah pundi-pundi penghasilanmu. Pada dasarnya, kamu bisa melakukan bisnis tanpa modal dengan menjual keahlianmu di bidang-bidang tertentu, atau dengan berjualan barang-barang hobi. Dan jika ditekuni, bisnis sampingan ini berpotensi menjadi bisnis yang besar lho.

1. Jualan Barang Bekas

Jualan Barang Bekas
Jualan Barang Bekas | picsource: empeljualbeli.blogspot.com

Barang yang menurut kita kurang bermanfaat bisa menjadi berguna di tangan orang lain lho. Jual-beli barang bekas bisa menjadi bisnis sampingan yang menyenangkan. Barang-barang bekas yang berhubungan dengan hobi biasanya dihargai cukup tinggi, pantas untuk mengisi dompetmu. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan pembeli melalui media sosial atau situs jual-beli online.

2. Design Kaos / Merchandise

Design Kaos Merchandise
Design Kaos Merchandise picsource: www.thecreole.com

Kalo kamu punya hobi desain dan punya komunitas yang bisa kamu jadikan target market kamu, kenapa gak bikin desain kaos aja? Dengan sistem pre-order, kamu hampir gak perlu modal sama sekali untuk memperoleh keuntungan yang lumayan. Jika kamu cukup pede dengan desainmu, kamu bisa memasukkannya ke situs-situs yang bisa membantu mempromosikan desain kaosmu, baik yang lokal seperti tees.co.id maupun situs luar negeri seperti Design By Humans.

3. Dropshipper

dropshipper
dropshipper picsource: blog.daragang.com

Dalam sistem dropship, dropshipper berperan sebagai marketer produk  sekaligus jembatan antara pemesan dengan supplier. Supplier pada sistem ini sifatnya anonim dan hanya diketahui oleh dropshipper. Berikut adalah untung ruginya menjadi dropshipper menurut blog Daragang.

Keuntungan jadi dropshipper:

  1. Minim modal untuk memulai usaha karena tidak memerlukan stok barang.
  2. Tidak perlu memikirkan tentang produksi produk beserta quality control, kamu cukup fokus memasarkan saja.
  3. Tidak perlu galau karena rugi kalau ada barang yang tidak laku atau dead stock.
  4. Bisa ganti-ganti supplier atau lebih dari 1 supplier bila dirasa supplier tersebut tidak cocok.

Kerugian jadi dropshipper:

  1. Tidak tahu stok barang apa saja yang tersedia. Maka dari itu, carilah supplier yang bisa menyediakan tabel stok secara online dan terupdate.
  2. Tidak punya kendali penuh terhadap stok. Kita tidak tahu apakah produk jenis tersebut seperti apa, kondisi sebenarnya seperti apa, apakah cacat atau tidak.
  3. Apabila supplier melakukan kesalahan, reputasi dropshipperlah yang akan hancur. Kesalahan supplier yang sering terjadi adalah salah ukuran, salah jenis barang, salah alamat dan salah-salah yang lain. Selayaknya kalau kesalahan ini terjadi pihak supplier lah yang menanggung dana kerugian.
  4. Diskon yang didapat biasanya tidak terlalu besar bila dibanding dengan reseller yang menyetok sendiri barangnya.

4. Jualan Stock Photo

Jualan Stock Photo
Jualan Stock Photo. Picsource: designyoutrust.com

Kalau kamu punya skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu untuk membuat stock photo yang bagus lalu menjualnya di situs-situs penyedia stock photo seperti shutterstock.com, istock.com, atau fotolia.com. Tapi, pendapatan yang kamu dapat dari sini lumayan lambat.

5. Menulis Artikel

Menulis Artikel
Menulis Artikel | picsource: onlinelearningtips.com

Kamu punya insting berbahasa yang baik dan suka menulis artikel di waktu luang? Hobimu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.  Cobalah menulis beberapa artikel atau cerita lalu kirimkan ke media cetak yang satu visi dengan tulisanmu. Atau kamu juga bisa menemukan proyek-proyek penulisan artikel di freelancer.co.id ataupun situs-situs lainnya.

6. Jasa Design Grafis

Jasa Design Grafis
Jasa Design Grafis | picsource: www.division1.ca

Jika kamu suka menggambar ataupun menciptakan karya menggunakan software-software manipulasi gambar seperti Ilustrator, Photoshop, maupun CorelDraw, kamu bisa memanfaatkan skill-mu untuk mendesain produk-produk komunikasi visual seperti logo, label, poster, dan brosur. Untuk mendapatkan proyek, kamu bisa memanfaatkan freelancer.co.id, 99designs, sribu, maupun menjual jasamu ke rekan-rekanmu.

7. Admin Social Media

admin social media
admin social media | picsource: tehicho.wordpress.com

Pekerjaan yang cocok banget nih buat yang doyan melanglang buana di jagat sosmed. Saat ini media sosial mempunyai peranan yang cukup penting untuk marketing maupun sebagai perwajahan bagi perusahaan-perusahaan. Oleh karena itu, pekerjaan admin media sosial dipandang tak main-main sebagai salah satu pasukan lini depan terhadap pelanggan, sehingga kesempatan kamu untuk menjadi seorang admin sosmed, baik penuh waktu maupun freelance, masih terbuka lebar.

8. Tentor Privat / Les

tentor privat-les
tentor privat-les | picsource: esprivatziza.blogspot.com

Kamu jago matematika, bahasa inggris, fisika? Atau mungkin kamu jago main gitar, biola, atau piano? Kamu berpeluang banget tuh untuk jadi tentor privat sesuai dengan keahlian yang kamu kuasai. Kamu bisa menawarkan jasamu lewat internet, atau coba melamar di tempat-tempat kursus sebagai tentor privat.

Nah, itu dia beberapa bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh Mahasiswa. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu semua. Kalau kamu punya ide bisnis sampingan lainnya, yuk share di komen!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY