Contoh File EPS Yang Diterima Shutterstock

sangpena.com – Alhamdulillah, akhirnya website ini kembali online setelah kurang lebih 2 pekan berturut-turut down karena kesalahan konfigurasi theme 🙁

Sesuai janji saya di berbagai postingan tentang Shutterstock sebelumnya, kali ini saya akan sharing tentang ekstensi file EPS yang diupload ke Shutterstock.

Banyak pemain pemula (seperti saya) yang bingung saat awal-awal bermain SS, antara ekstensi EPS 8 dan EPS 10, serta kapan menggunakan masing-masing ekstensi tersebut ketika membuat sebuah design.

Saya sendiri menggunakan EPS 8 saat membuat flat design yang tidak membutuhkan perlakuan dan efek khusus. Sedangkan menggunakan EPS 10 khusus untuk gambar yang memiliki efek, entah itu gradasi, shadow, dll.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Contoh Ekstensi file EPS Shutterstock
design oleh sangpena

Pada file EPS 8 sebelah kiri, murni tanpa efek, flat design. Sedangkan file EPS 10 di sebelah kanan menggunakan efek di sekitar segitiga. Penggunaan efek ini untuk menciptakan kesan elegan dan sedikit “rasa 3D” dengan adanya bayangan di sekitar objek.

Biar makin semangat, lihat total earning saya di sini!

Untuk melihat lebih detail perbedaannya silakan download contoh file EPS pada link di bawah ini:

Download EPS 8 | Download EPS 10

Ukuran File EPS Shutterstock:

Pertanyaan ini sepertinya juga cukup penting untuk dijawab 🙂 . Saya biasanya membuat file baru (EPS) dalam ukuran 200×200 pixel, sedangkan saat disave JPG baru dinaikkan ukurannya ke 4000×4000 pixel.

Ukuran file EPS

Saat menyimpan pastikan melakukannya dengan cara save as for web, bukan yang Export. Strategi ini cukup efektif untuk menghemat kuota dan ukuran gambar + EPSnya,apalagi buat yang bermain di banyak Microstock sekaligus. Lihat selengkapnya di bawah:

Ukuran file JPG Shutterstock

Naikkan percent menjadi seperti pada gambar di atas. Jika muncul pop up, cukup klik YES saja. 

Yupp, mungkin ini dulu ya info seputar filenya, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar biar makin rame 😀 semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya 🙂

 

LEAVE A REPLY