15 Tren Desain Grafis 2020

 

Wajib Baca: 15 Tren Desain Grafis 2020 Yang Harus Kamu Ketahui

Tren Desain Grafis 2020

SANGPENA.COM – Sebagaimana yang sudah dituliskan dalam judul, banyak dari pembaca (termasuk saya) yang bertanya-tanya: bagaimana tren desain grafis 2020? 

Tahun 2020 yang akan segera masuk dalam hitungan hari ini tentu menjadi tahun yang penting bagi mereka yang hidupnya berkecimpung dalam dunia desain grafis: pekerja profesional, freelancer, mahasiswa, dll. 

Maka penting juga untuk mengetahui tren desain grafis yang akan menjadi corak ataupun ciri visual yang khas di tahun 2020.  

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan tren desain grafis 2020: 

 

Kulgram I Seputar Jualan di Etsy bisa dibaca di sini, gratis!

1. 3D Depth & Realism

Tren 3D akan terus berlanjut sebagaimana di tahun 2019 yang terbilang berhasil. Dengan dukungan kemampuan dari perangkat lunak yang semakin baik, rasa-rasanya tren ini akan terus berlanjut di tahun 2020. 

Sumber

2. Monochrome

Tren yang lebih sederhana dan tetap elegan untuk tahun 2020. Sebagaimana tahun 2019, dimana banyak sekali designer menggunakan efek monokrom, tidak ada salahnya untuk kembali menggunakannya di tahun 2020.

3. Shiny Metals

Efek metalik pada logam masih layak digunakan untuk tahun 2020. Umumnya warna emas masih primadona bagi para desainer. Bagi pembaca yang hendak mencari atau menambah stok mock up, bisa berburu ke sini.

Sumber

4. Typography

Suka bermain-main dengan tipografi? Tidak ada salahnya untuk terus mengasahnya guna dimaksimalkan penggunaannya di tahun 2020.

Sumber

5. Image & Text Masking

Teknik masking tentu tidak asing ya. Teknik yang bukan merupakan hal baru tetapi ternyata masih relevan untuk digunakan pada tahun 2020.

6. Line Art

Line art merupakan seni dalam penggunaan line (garis) untuk menghasilkan desain ataupun ilustrasi yang menarik dan tetap sederhana: bersih dan elegan. Line Art akan tetap menjadi tren yang menarik di tahun 2020.

Sumber

7. Collages of Drawings & Photos

Kolase gambar ataupun foto bisa menghasilkan perpaduan yang menarik jika diolah dengan “racikan” yang tepat. Jangan ragu untuk mencobanya di tahun 2020!

Sumber

8. Simplified Illustrations

Ilustrasi sederhana untuk menyampaikan sebuah konsep atau mengkomunikasikan sebuah pesan dalam format yang lebih menarik. Perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Sumber

9. Isometric Illustrations

Tren yang sudah bertahan bertahun-tahun dan tetap: masih layak untuk digunakan pada tahun 2020. Cocok digunakan untuk infografis, desain web, desain presentasi (ppt), dan lain-lain. Ilustrasi isometrik mampu menggambarkan objek tiga dimensi dalam permukaan dua dimensi.

Sumber

10. Earthy Color: a sense of Vintage

Yang lama bukan berarti usang dan tidak layak digunakan. Mengenang tren warna era 50-an dan membawanya kembali di tahun 2020 rupanya masih layak untuk dipertimbangkan.

11. Geometric Designs

Semakin sederhana, semakin mudah dalam menyampaikan pesan visual. Hal ini pula yang mendasari penggunaan tren Geometrics Designs. Meskipun dibilang sederhana, pada dasarnya dibutuhkan lebih banyak objek geometris dalam menyampaikan sebuah pesan visual. Tidak ada salahnya untuk dicoba!

Sumber

12. Liquids

Bisa dibilang lawan dari geometris. Desain Liquids menunjukkan bentuk desain yang lebih “cair” dengan sisi-sisi yang lebih smooth. Bisa dikombinasikan dengan beberapa gaya seperti: geometris, isometric, dll.

Sumber

13. Continuous animation sequences

Sebagaimana kita ketahui bersama, animasi merupakan salah satu cara kreatif hingga hari ini di dalam memperkenalkan sebuah brand. Maka, 2020 masih tetap relevan untuk digunakan!

14. Bevels and Chisels

Mari sedikit bernostalgia dengan Photoshop di awal-awal belajar menggunakan efek. Tahun 2020 penggunaan bevel menarik masih layak untuk dipertimbangkan — efek ini memberikan kesan terlihat cukup nyata pada objek.

15. Live data visualization

Diperlukan sebuah media yang menarik dalam menampilkan sebuah data yang kompleks. Oleh karena itu diperlukan sebuah visualisasi yang adaptif dan dinamis. Sulit? Iya sih 😀

Sumber

Tren desain grafis 2020 di atas dirangkum dari beberapa sumber yang bisa dibaca di sini dan di sini. Tentu tidak akurat 100% benar, hanya saja rasanya masih cukup layak untuk dipertimbangkan bagi para pembaca dalam eksekusi proyek grafis ke depan di tahun 2020

Oh iya, saya ada channel Telegram baru untuk coret-coret apa saja yang berhubungan dengan yang dituliskan di sini. Jika berkenan baca-baca isinya silakan bergabung ke sini.

Belajar bersama itu menghemat waktu, biaya dan tentunya dapat best practice yang lebih bermanfaat!

Hatur nuhun! 

Majalengka, 26 Desember 2019

 

Mau Font Gratis Berkualitas Untuk Designer? Klik Di Sini

2 thoughts on “15 Tren Desain Grafis 2020”

    • banyak mas, autodestk, blender, cinema 4D, dll, berhubung saya belum pernah pakai jadi belum bisa kasih testimoni penggunaan lebih lanjut.

      Reply

Leave a Comment