Mau Tau Tema Stock Yang Paling Laku Bulan September? Baca Di Sini!

Join grup Telegram, silakan klik DI SINI 🙂 Masih baru jadi tempat waiting list sebelum masuk grup WA!

sangpena.com – Sebelumnya terima kasih atas atensinya yang luar biasa dari teman-teman untuk membaca Tutorial Daftar Shutterstock. Sebenarnya alasan sederhana postingan ini dibuat karena banyak sekali pertanyaan berulang di postingan yang saya buat sebelumnya: Catatan 300 Dollar Pertama dari Shutterstock, ataupun di beberapa postingan di grup Facebook.

Satu hal yang paling penting sebelum menjadi kontributor Shutterstock menurut saya pribadi adalah yakin dan totalitas. Kalau tujuannya penghasilan besar dan instan, jelas ini bukan pilihan yang pas, apalagi yang buru-buru. Semua butuh proses. Yang buru-buru, jangan dilanjutkan membaca tulisan ini. FYI, ketika tulisan ini dibuat saya baru bergabung memasuki bulan ke 7 dan menghasilkan total kurang lebih 800$. 

 

Download Kalender Tahun 2020 Di Sini 100% Free

Sampai saat ini bagi contributor di Indonesia dan global, Shutterstock masih menjadi primadona karena hasilnya yang lumayan besar dan cukup stabil, menjanjikan dari segi finansial kalau sudah memiliki portofolio besar. Kalaupun ada penurunan jumlah download dan dollar, nilainya tidak terlalu fatal. Hehe.

Oke, lanjut ya. Sebelum teman-teman mendaftar, pastikan teman-teman harus sudah menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Email aktif
  • Paspor yang masih berlaku + identitas sekarang cukup email dan tanpa paspor, LANGSUNG baca ini. 
  • Paypal (akan lebih baik jika sama dengan email yang digunakan mendaftar, beda juga gk jadi soal)
  • 1 design pertama untuk review (ini bisa menyusul, tapi akan lebih baik jika sudah disiapkan).

Daftar Shutterstock

Kunjungi halaman submit.shutterstock.com | daftar dan lengkapi semua data yang dibutuhkan, pastikan menggunakan email yang aktif kita gunakan ya, biar lebih mudah saja. Setelah selesai daftar, klik link yang dikirimkan Shutterstock via email. Jangan lupa diklik agar email kita tercatat sebagai akun yang valid.

Paspor + Identitas

Setelah email terverifikasi biasanya akan ada permintaan untuk mengupload kartu identitas. Jangan terkecoh ya, sekalipun di situ tercantum pilihan kartu identitas (KTP) tapi sama sekali belum work untuk calon kontributor dari Indonesia, jadi pastikan hanya mengupload KTP dan paspor.

Untuk lebih mempermudah, scan KTP dan paspor dibuat dalam sebuah file PDF. Caranya? silakan googling ya, hehe. Bisa dibuat di Microsoft Word atau Corel Draw/Illustrator kemudian disave dengan ekstensi file PDF. Halaman 1 berisi scan paspor, halaman 2 berisi scan KTP. Contohnya, punya saya di bawah:

Submit Contributor Shutterstock

PayPal

Sebenarnya ada dua opsi pembayaran, selain Paypal ada juga opsi pembayaran menggunakan cek, tapi minimum payout 500$, dijamin lama! Paling enak Paypal, karena minimum payout untuk paypal hanya 35$. Angka yang terhitung tidak terlalu besar dibandingkan Adsense misalnya.

10 Design Pertama

Setelah identitas kita diterima (KTP & Paspor) masih ada satu tahap lagi sebelum semua fitur dan layanan sebagai kontributor bisa kita akses. 10 design ini yang akan menentukan apakah kita lolos sebagai kontributor atau tidak, gampang-gampang susah. Tapi jangan khawatir, mudah kok. Jikapun gagal dalam 10 gambar pertama, Shutterstock masih mempersilakan calon kontributor untuk submit lagi 10 design.

Untuk awal-awal, apalagi yang pemula banget. Jangan jadikan 10 design pertama sebagai beban, enjoy saja. Gak perlu bikin illustrasi yang terlalu ribet, bikin  yang simpel saja. FYI, 10 design pertama saya juga jelek banget, hahaha. Lha wong saya baru mengenal Illustrator bulan Februari (gara-gara kerjaan kantor) dan gabung Shutterstock pertengahan bulan April. Jadi memang terhitung pemula juga di sini.

Inilah beberapa di antaranya dari 10 design saya yang disubmit pertama kali:

Review Pertama Shutterstock

Jelek? hahaha, betul sekali. Tapi ya sudahlah, ini hanya langkah pertama sebelum bisa unlimited submit di Shutterstock. Tidak terlalu jadi soal untuk urusan kualitas, penting approve dulu. Jadi, sudah punya gambaran kan buat submit gambar?

Untuk submit ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, ekstensi file yang diupload untuk tiap-tiap gambar harus terdiri dari EPS dan JPG, sudah saya singgung di postingan pertama sebelumnya. EPS harus spesifik EPS 8 atau EPS 10. Setahu saya sampai saat ini hanya aplikasi Adobe Illustrator yang mampu menghasilkan ekstensi file tersebut. Jadi biar tidak kerja dua kali baiknya memang langsung dibuat di Ai. Beberapa orang kerja dua kali karena dibuat di Corel Draw dan diconvert menggunakan Illustrator.

Kedua, ukuran file JPG harus (gk tau pasti juga sih, hasil pengalaman saja) berukuran 4000×4000 pixel. Sedangkan untuk file EPS saya biasanya hanya 400×400 pixel, lebih hemat ukuran saat upload. Untuk lebih terangnya, lihat gambar di bawah ini:

Panduan Submit Shutterstock

Setelah file diupload (EPS dan JPG) kita akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas. Nah, ini salah satu tempat yang bikin banyak kontributor gk telaten, karena banyak sekali dan cukup merepotkan jika belum terbiasa ~ butuh pembiasaan. 

  • Thumbnail gambar sesuai dengan gambar yang sudah kita upload.
  • Judul dibuat sesuai dengan gambar yang kita design, jangan sampai gk sesuai, resiko ditolak akan besar sekali.
  • Keyword, ini semacam SEOnya untuk Shutterstock agar gambar yang kita buat muncul juga di search engine (mesin penelusuran macam Google), contohnya bisa dilihat seperti gambar di atas. Sekali lagi pastikan keyword sesuai dengan gambar.
  • Tools sakti di bawahnya, Suggest Keyword ini bisa digunakan untuk memudahkan kita menemukan keyword yang sesuai. Setelah memasukkan keyword sesuai gambar, pilih 3 gambar  yang mendekati gambar yang kita buat,  nanti akan dibuat ringkasan keyword yang bisa kita pilih.
  • Category di bagian paling kanan harus diisi, sesuaikan dengan gambar ya.

Okaay, mungkin sampai di sini dulu yaa teman-teman, terima kasih atensinya. Semoga bermanfaat, hehe. Buat yang sudah mastah, semoga recehan seperti tidak mengganggu yaa 😀

Update total penghasilan saya dari Shutterstock, secara berkala bisa dilihat DI SINI, buat motivasi aja terutama yang newbie macam saya.

Yuk, silakan DAFTAR SHUTTERSTOCK CONTRIBUTOR DI SINI. Tidak ada penghasilan tanpa perjuangan, semua berproses kok. Sukses tidaknya tergantung sebagaimana usaha kita.

Semarang, 11 November 2016.