Tutorial Daftar Shutterstock

sangpena.com – Sebelumnya terima kasih atas atensinya yang luar biasa dari teman-teman untuk membaca Tutorial Daftar Shutterstock. Sebenarnya alasan sederhana postingan ini dibuat karena banyak sekali pertanyaan berulang di postingan yang saya buat sebelumnya: Catatan 300 Dollar Pertama dari Shutterstock, ataupun di beberapa postingan di grup Facebook.

Satu hal yang paling penting sebelum menjadi kontributor Shutterstock menurut saya pribadi adalah yakin dan totalitas. Kalau tujuannya penghasilan besar dan instan, jelas ini bukan pilihan yang pas, apalagi yang buru-buru. Semua butuh proses. Yang buru-buru, jangan dilanjutkan membaca tulisan ini. FYI, ketika tulisan ini dibuat saya baru bergabung memasuki bulan ke 7 dan menghasilkan total kurang lebih 800$. 

Sampai saat ini bagi contributor di Indonesia dan global, Shutterstock masih menjadi primadona karena hasilnya yang lumayan besar dan cukup stabil, menjanjikan dari segi finansial kalau sudah memiliki portofolio besar. Kalaupun ada penurunan jumlah download dan dollar, nilainya tidak terlalu fatal. Hehe.

Oke, lanjut ya. Sebelum teman-teman mendaftar, pastikan teman-teman harus sudah menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Email aktif
  • Paspor yang masih berlaku + identitas
  • Paypal (akan lebih baik jika sama dengan email yang digunakan mendaftar, beda juga gk jadi soal)
  • 10 design pertama untuk review (ini bisa menyusul, tapi akan lebih baik jika sudah disiapkan).

Daftar Shutterstock

Kunjungi halaman submit.shutterstock.com | daftar dan lengkapi semua data yang dibutuhkan, pastikan menggunakan email yang aktif kita gunakan ya, biar lebih mudah saja. Setelah selesai daftar, klik link yang dikirimkan Shutterstock via email. Jangan lupa diklik agar email kita tercatat sebagai akun yang valid.

Paspor + Identitas

Setelah email terverifikasi biasanya akan ada permintaan untuk mengupload kartu identitas. Jangan terkecoh ya, sekalipun di situ tercantum pilihan kartu identitas (KTP) tapi sama sekali belum work untuk calon kontributor dari Indonesia, jadi pastikan hanya mengupload KTP dan paspor.

Untuk lebih mempermudah, scan KTP dan paspor dibuat dalam sebuah file PDF. Caranya? silakan googling ya, hehe. Bisa dibuat di Microsoft Word atau Corel Draw/Illustrator kemudian disave dengan ekstensi file PDF. Halaman 1 berisi scan paspor, halaman 2 berisi scan KTP. Contohnya, punya saya di bawah:

Submit Contributor Shutterstock

PayPal

Sebenarnya ada dua opsi pembayaran, selain Paypal ada juga opsi pembayaran menggunakan cek, tapi minimum payout 500$, dijamin lama! Paling enak Paypal, karena minimum payout untuk paypal hanya 35$. Angka yang terhitung tidak terlalu besar dibandingkan Adsense misalnya.

10 Design Pertama

Setelah identitas kita diterima (KTP & Paspor) masih ada satu tahap lagi sebelum semua fitur dan layanan sebagai kontributor bisa kita akses. 10 design ini yang akan menentukan apakah kita lolos sebagai kontributor atau tidak, gampang-gampang susah. Tapi jangan khawatir, mudah kok. Jikapun gagal dalam 10 gambar pertama, Shutterstock masih mempersilakan calon kontributor untuk submit lagi 10 design.

Untuk awal-awal, apalagi yang pemula banget. Jangan jadikan 10 design pertama sebagai beban, enjoy saja. Gak perlu bikin illustrasi yang terlalu ribet, bikin  yang simpel saja. FYI, 10 design pertama saya juga jelek banget, hahaha. Lha wong saya baru mengenal Illustrator bulan Februari (gara-gara kerjaan kantor) dan gabung Shutterstock pertengahan bulan April. Jadi memang terhitung pemula juga di sini.

Inilah beberapa di antaranya dari 10 design saya yang disubmit pertama kali:

Review Pertama Shutterstock

Jelek? hahaha, betul sekali. Tapi ya sudahlah, ini hanya langkah pertama sebelum bisa unlimited submit di Shutterstock. Tidak terlalu jadi soal untuk urusan kualitas, penting approve dulu. Jadi, sudah punya gambaran kan buat submit gambar?

Untuk submit ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, ekstensi file yang diupload untuk tiap-tiap gambar harus terdiri dari EPS dan JPG, sudah saya singgung di postingan pertama sebelumnya. EPS harus spesifik EPS 8 atau EPS 10. Setahu saya sampai saat ini hanya aplikasi Adobe Illustrator yang mampu menghasilkan ekstensi file tersebut. Jadi biar tidak kerja dua kali baiknya memang langsung dibuat di Ai. Beberapa orang kerja dua kali karena dibuat di Corel Draw dan diconvert menggunakan Illustrator.

Kedua, ukuran file JPG harus (gk tau pasti juga sih, hasil pengalaman saja) berukuran 4000×4000 pixel. Sedangkan untuk file EPS saya biasanya hanya 400×400 pixel, lebih hemat ukuran saat upload. Untuk lebih terangnya, lihat gambar di bawah ini:

Panduan Submit Shutterstock

Setelah file diupload (EPS dan JPG) kita akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas. Nah, ini salah satu tempat yang bikin banyak kontributor gk telaten, karena banyak sekali dan cukup merepotkan jika belum terbiasa ~ butuh pembiasaan. 

  • Thumbnail gambar sesuai dengan gambar yang sudah kita upload.
  • Judul dibuat sesuai dengan gambar yang kita design, jangan sampai gk sesuai, resiko ditolak akan besar sekali.
  • Keyword, ini semacam SEOnya untuk Shutterstock agar gambar yang kita buat muncul juga di search engine (mesin penelusuran macam Google), contohnya bisa dilihat seperti gambar di atas. Sekali lagi pastikan keyword sesuai dengan gambar.
  • Tools sakti di bawahnya, Suggest Keyword ini bisa digunakan untuk memudahkan kita menemukan keyword yang sesuai. Setelah memasukkan keyword sesuai gambar, pilih 3 gambar  yang mendekati gambar yang kita buat,  nanti akan dibuat ringkasan keyword yang bisa kita pilih.
  • Category di bagian paling kanan harus diisi, sesuaikan dengan gambar ya.

Okaay, mungkin sampai di sini dulu yaa teman-teman, terima kasih atensinya. Semoga bermanfaat, hehe. Buat yang sudah mastah, semoga recehan seperti tidak mengganggu yaa 😀

Update total penghasilan saya dari Shutterstock, secara berkala bisa dilihat DI SINI, buat motivasi aja terutama yang newbie macam saya.

Yuk, silakan DAFTAR SHUTTERSTOCK CONTRIBUTOR DI SINI. Tidak ada penghasilan tanpa perjuangan, semua berproses kok. Sukses tidaknya tergantung sebagaimana usaha kita.

Semarang, 11 November 2016.

sangpena

Penikmat sastra dan sains. Suka design grafis dan main biola. Menulis di sangpena.com adalah kesibukannya selain sehari-hari bisa ditemukan wara-wiri di seputar Kota Semarang. Ada pertanyaan? Hubungi di halaman kontak ya :)

38 Responses

  1. Ibnu Malkan says:

    Mantapp, membantu sekali mas, kemarin foto saya ditolak,
    baru tahu dari artikel ini ternyata harus EPS hehee

  2. sandi says:

    Kalo tidak punya paspor apa masih bisa registrasi?

  3. mujib says:

    nyari tutorial cara bikin passpor dulu gan,ntar kl dah baru nyusul….

  4. Danny says:

    kalau tidak ada paspor tidak bisa ya gan ?

  5. anggi al says:

    Gan kalau pada gambar vector ada tulisannya gimana? Tapi tidak berbau sponsor atau merek apakah melanggar hak cipta pembuat font?

    • sangpena says:

      Ane pakai tulisan, pakai font yang free license, jadi cuma buat text macam: “Your text here, Company Name, Your Tagline, dll” kalau font yang dijual di Creative Market atau marketplace lain ada baiknya beli license full extended.

  6. kotakajaib says:

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Mas-mas, mau tanya… ^_^
    1. Untuk 10 vector pertama yg harus dikirim, apakah dari Shutterstock sendiri ngasih persyaratan berapa ukuran canvas/artboard nya, baik itu yg EPS maupun JPG?
    2. Untuk color mode juga, Shuttershotck prefer RGB atau CMYK, atau malah tidak masalah pakai dua-duanya?

    • sangpena says:

      alaykumussalam:
      1. Saya pas pertama kirim pakai ukuran 4000×4000 pixel untuk ukuran gambarnya 🙂 EPS 400×400, tapi pas disave as dibuat ke angka 4000×4000.
      2. Color mode tidak masalah, saya pas bikin di Illustrator seringnya CMYK, RGB juga pernah, tidak ada masalah semua 🙂

      Demikian

      • kotakajaib says:

        Makasih… insyaallah bermanfaat infonya

        • kotakajaib says:

          eh, kalo bikin ilustrasi yg ada text nya, harusnya di-expand atau dibiarin aja ya?
          vector saya di-reject, bunyinya gini:
          Text / Graphic Placement — Remove text and/or graphic. The text or graphic may be difficult for a customer to remove.

          Padahal text sdh di-expand & artboard sdh clear dari gambar bitmap apapun

          • sangpena says:

            Itu kayaknya suruh hapus, coba misal pakai text cukup tulisan “lorem ipsum, company name, your slogan, dll” yang sejenis itu. Jangan terlalu banyak kalimat 😀 *mungkin lho ya, saya belum pernah dapat reject begitu.

  7. Hermiadi says:

    saya beberapa hari yang lalu ada submit gambar pengajuan ke shutterstock, alhamdulillah gambarnya di approve. tapi pas giliran verifikasi ID malah gagal karena nda punya passpor, sekarang akun nya sudah di disable sama shutterstock. Sekarang saya harus bikin passpor sepertinya, kira2 lama nda mas proses pembuatan paaspor? dulu pernah coba bikin namun karena KTP belum eKTP jadi ditolak hehe…

    • sangpena says:

      Wah, harusnya jangan dipaksakan upload, mending ditunggu sampai punya paspor biar akunnya aman. Coba bikin aja dulu ke kantor imigrasi, paling 2 minggu sudah beres kok 🙂 tergantung banyak tidaknya yang bikin. Selamat mencoba

      • Hermiadi says:

        Terima kasih…. Mas apakah juga ada pengalaman di GettyImages dan iStock? jika ada bisa juga tuh dibagi-bagi 😀

        • Hermiadi says:

          Alhamdulillah, per pagi ini saya dapat email invitation dari iStock by GettyImages krn foto yg bebrapa hari lalu saya ajukan sudah di approve oleh mereka, dan saya harus buru2 bikin passpor sepertinya krn persyaratannya juga passpor. Untuk akun Shutterstock masih proses pemulihan, kemarin sdh ada balasan email dari team Shutterstock 🙂
          mohon doanya ya teman-teman… semoga saya berhasil full approve menjadi kontributor di iStock dan Shutterstock 😀

        • sangpena says:

          saat ini belum ada pengalaman bermain di selain Fotolia dan Shutterstock.

          • Hermiadi says:

            Terma kasih doanya… Iya nih lagi berjuang selain belajar foto dan video sekarang lagi belajar Adobe Illustrator juga, untuk passport sementara masih menunggu dokumen2 yang diperlukan dikirim dari kampung 😀

          • sangpena says:

            okay mas, selamat berjuang 😀

  8. Azhar says:

    Mas mau tanya. Untuk 10 set public apa harus di lengkapi? Jika belum apa akun saya belum aktif? Saya sudah ada 11 foto tetapi blum ada satupun yg download mas. Makasih mas

    • sangpena says:

      Mas Azhar, gk harus dilengkapi. Gk pengaruh ke selling. Paling penting lengkapi tag dan description selengkap dan sebaik mungkin untuk bisa menjaring pembeli sesuai dengan keyword yang kita bidik. Terima kasih

  9. oriu says:

    artikel membantu sekali
    mau tanya sekalian.
    apakah email login SS dan email paypal harus sama?karena paypal sya beda dengan email ID SS. nama jg beda.

    maksih sebelumnya.

    • sangpena says:

      gk harus sama mas 🙂 saya email Shutterstock dan email paypal juga berbeda. Yang penting (usahakan) nama sama antara Paypal dan akun di SS. Tapi ada beberapa teman yang berbeda akun paypal dan SSnya juga gk masalah. Selamat mencoba.

  10. Halida says:

    Mantap gan wkwkwk

  11. Sujud Setiawan says:

    Dollar nya dari mana mas? Dari di beli saja atau bagaimana?

  12. cahyo says:

    mas mau tanya, gambar vektor saya selalu direject pas verifikasi. alasannya begini, “Keywords — Keywords must be descriptive of the subject matter and must be in English”. padahal saya sudah memberikan deskripsi dalam bahasa inggris, itu kenapa ya? mohon bimbingannya mas…hehe

    • sangpena says:

      Halo mas cahyo, coba keywordnya dikurangi jumlahnya, fokus ke keyword utama (10-15 saja) bener2 yang sesuai gambar, title gambar juga jangan dibuat terlalu aneh atau ruwet. Hehe 😀 selamat mencoba ya

  13. Ade says:

    Mas, untuk proses verifikasi butuh berapa lama ya? taun kemaren pas buat akun masih pake ktp dan ditolak sekarang coba lagi pake passport semoga bisa lolos mas, dan untuk font saya pake OFL licence mas apakah perlu upload file font nya juga? Makasih mas

    • sangpena says:

      font gk perlu diupload, 🙂 cukup misal ada font dibuat outline saja. Proses review paspor ada yang cepet ada yang lama, ditunggu saja mas.

  14. DKunang2@ says:

    Nanya dong mas. Saya baru mulai. Vector saya sudah keterima tapi untuk gambar aktifnya kok belum ada ya? Emang gitu ya mas?! Apa emang ada yang salah?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dog