$1.000 Dollar Pertama Modal “Dengkul” di Shutterstock

 

Ada yang mau belajar bareng saya? GRATIS di Channel Telegram! :)

dollar amerika, shutterstock, freelance

Update 1: Tulisan ini sudah diupdate ya, aslinya ditulis pertama pas capai angka $600 :)) selamat membaca!

SANGPENA.com – Semoga teman-teman membaca tulisan ini bukan hanya karena embel-embel modal dengkulnya. Tidak ada hal yang mudah dalam ikhtiar menjemput rezeki, pasti ada perjuangannya.

[lockercat]

Tulisan ini hanya untuk mendokumentasikan sekaligus memberi informasi kepada teman-teman kontributor, bahwa selain jualan utama stock kita di Shutterstock, masih ada cara lain untuk memperoleh dollar melalui Shutterstock.

 

Tutorial Memasukkan Keyword di File EPS Shuttersotck Baca di sini!

Btw, sebelum melanjutkan membaca, program ini khusus untuk kontributor Shutterstock ya (baik foto maupun vector), jadi kalau temen-temen belum jadi kontributor, silakan baca-baca dulu di sini. Siapa tau jadi jalan rezekinya untuk mengais recehan dollar ?. Yuk lanjuutt!

Selain jualan utamanya stock, Shutterstock juga menyediakan namanya Referral Program, jadi untuk teman-teman yang kontributor aktif, dipersilakan untuk mengajak kontributor lain bergabung di Shutterstock.Caranya juga gampang sekali: kita akan diberikan link khusus referral. Cukup mengajak calon kontributor baru tersebut lewat link kita dan setelah dia approve + nyetok kita akan kecipratan recehan jika kontributor baru tersebut mendapatkan download.

Kenapa disebut recehan? ya karena penghasilannya terhitung kecil, malah bisa dibilang tidak terlalu menarik, hanya $0,04 per download, atau sekitar Rp500 dengan kurs Rp14.000 (yang cenderung fluktuatif). Kecil sih, tapi kalau per hari ada 100 download dari referral, kita sudah mendapatkan tambahan sebesar $4.

Mari coba sedikit berandai, misal ada 20 referral kontributor dengan hanya 20 download saja per hari, maka kita bisa memperoleh 20x20x0,04= $16 per day! atau misal dirupiahkan dengan kurs sekarang menjadi sebesar Rp224.000 x 30 = Rp6.720.000 (satu bulan) Angka yang tidak sedikit kan? 😉

Sekali lagi, angka di atas hanya berandai, faktanya memang tidak seindah itu. Biar lebih semangat saja karena ada potensi penghasilan yang bisa kita ambil ?✌.

Gimana caranya? gampang sekali, pastikan sudah login di kontributor lalu klik https://submit.shutterstock.com/promotions/referrals untuk mendapatkan LINK REFFERAL. Cukup bagikan link tersebut sebanyak-banyaknya ke teman-teman designer yang kita kenal. Ajak mereka untuk bergabung.

Jika belum bisa menjelaskan lebih banyak, bagikan tulisan-tulisan yang ada di sini juga boleh :D. Beberapa strategi lain yang bisa digunakan untuk memperbanyak referral:

  1. Membuat postingan di web atau blog (seperti yang anda temukan di sangpena.com), ini untuk memperoleh referral dari orang-orang yang mencari informasi di internet. Biasanya keyword seputar freelance via online. Volume pencarian keyword ini terhitung tinggi.
  2. Membagikan link referral di social media atau japri lewat aplikasi chatting untuk orang yang kita kenal.
  3. Dll, bisa berdasarkan kreatifitas masing-masing. Bisa disesuikan dengan target orang yang ingin kita ajak menjadi kontributor.

Berapa total jumlah referral sampai sekarang?
Mungkin hampir 1000 orang yang sudah bergabung di Shutterstock karena menemukan informasi melalui web sangpena.com ❤ alhamdulillah. Tapi kalau jumlah referral aktifnya kurang tau berapa, susah ngecek satu-satu.

Estimasi untuk saat ini dari referral bisa mendapatkan 2-4$ per day, atau misal dibagi 0,04$ ada kurang lebih 50-100 download di referral saya setiap harinya. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan ketika dulu main Google Adsense ?? banyak paitnya.

Berapa total penghasilan dari Referral?
Sebagaimana judul yang sudah saya perbaharui, sampai hari ini sudah tembus 1000$ lebih dikit di satu akun, dan 200an $ di akun yang lain. Alhamdulillah. Sebenarnya yang dibilang modal dengkulnya ya cuma nulis di sini, belasan tulisan yang saya tulis seputar Shutterstock itulah modalnya, sebuah keisengan yang berujung traffic dan referral, sesuatu yang malah tidak pernah saya duga sebelumnya. ?? Tapi tulisannya ya harus dijaga biar sesuai dengan kebutuhan pembaca, jangan asal copas!

dollar shutterstock

Buat teman-teman yang belum maksimal di penjualan, bisa mencoba peruntungan dengan mencari sebanyak-banyaknya kontributor baru memanfaatkan Referral Programnya Shutterstock. Apalagi sekarang bisa mendaftar tanpa paspor akan semakin memudahkan calon kontributor baru yang terbatas budgetnya untuk bergabung (dulu wajib paspor).

[/lockercat]

Selamat mencoba, kalau ada pertanyaan bisa tinggalkan jejak di kolom komentar atau bisa melalui kontak. InsyaAllah silaturahmi untuk kebaikan akan dibalas ??

Illustrasi dollar: Pixabay

 

Mau Font Gratis Free For Commercial Use? Klik Di Sini

Blogger yang tersesat dalam dunia design grafis plus main biola sejak 2014. Saat ini bersama istri dan putra pertama tinggal di Kota Bandung. Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, gratis! :D

Related Posts

This Post Has 37 Comments

  1. Sungguh luar biasa. Ternyata kalau kita mau belajar tentang dunia online, banyak jalan untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi dibayar dengan dolar. Hemmmmm,,,,, nyaman… Keren dan menarik banget gan artikelnya. Sehingga mampu menginspirasi saya untuk tetap selalu berusaha dalam mencari harta karun terindah di dunia maya (internet).

    1. Di dunia maya memang banyak potensinya, kudu sering-sering bergabung di Forum yang memang sesuai passion dan bisa dimonetize 😀

  2. Wah, infonya keren. Baru tahu soal Shuterstock nih, kayanya tertarik. Jadi awalnya aku kudu daftar akun Shutterstock dulu ya? Btw, untuk bisa mencapai $900 berapa lama tuh? Share juga dong kendala dan mengatasinya. Sukses terus untuk semua usaha onlinenya ya biar tetep nganggur kece di rumah, hahaha. Salam kenal!

    1. Kalau untuk mencapai 900$ yang ini kayaknya lumayan lama, referral. Tapi kalau dari penjualan akun sendiri gk sampai 2 bulan 🙂

        1. Ini hasil referral berbulan-bulan mas, diupdatenya aja yang januari. Main referral setelah setahun join Shutterstock.

          1. Klo dari penjualan akun sendiri berapa bln mas baru menghasilkan dari awal mulai jadi contributor?

          2. Kayaknya pertama kali PO setelah 3 bulan, saya juga baru belajar design mas pas join SS, benar-benar belajar dari nol 🙂

          3. Termasuk cepat si 3 bln, berapa uploadtan mas udah 3 bln itu.

            Dan masnya upload apa kebanyakan?

          4. Lupa mas berapa jumlahnya. Kalau sekarang mau terjun, langsung fokus saja, pelan-pelan sambil terus belajar.

  3. Mantul kak, boleh dong sharing2 lagi…
    Kykny kaka dah paham bgt alurnya, aku pngn lebih tau apa yg perlu dimulai selain hanya upload design d shutterstocks

  4. Halo mas, Saya baru coba2 jadi kontributor untuk SS, tapi direject terus terkait release, dan sampai sekarang bingung. Apa ada info soal ini mas? Makasih

  5. Ini cuman refferal doank ya? berapa lama mas? mas sebagai contributor juga di shutterstock?
    Cukup menarik aritkel-artikel yang di tulis.

    Terima kasih telah berkunjung di blog saya yang ala kadarnya 😄

    1. Halo mas Dei, terima kasih sudah mampir. Saya juga sudah hampir melahap semua artikelnya di homepage blognadei.com 😀

      Referral paling banter dapat 80$ per bulan mas, paling dikit 50$ per bulan, lumayan sih buat bayar indihome di rumah, hehe. Jadi kontributor juga, punya beberapa akun.

  6. Hallo mas ,saya baru mencoba aplikasi ss ini, saya mencoba upload foto hasil jepretan sendiri, kira2 hasil jepretan sendiri bisa dpet Untung berapa?

    1. Kalau ditanya untungnya berapa tergantung seberapa kualitas dan kuantitasnya, intinya foto juga berpeluang + saingannya juga lumayan berat. Konsisten upload sampai stock cukup banyak biar bisa diperkirakan seberapa bagus peluangnya.

    1. selain referral ke calon kontributor, bisa referral untuk cari konsumen. Pakai pinterest buat mempromosikan, kapan-kapan dibuatkan artikel tersendiri. Rada panjang 😀

  7. min, ini sudah upload logo2 muka hewan, udah approve tapi di bikin satu2, kalau mau di bundle gitu bikin satu artboard banyak muka hewan, tapi yang sudah approved boleh gak ya?

  8. Saran min! Enaknya Chanel telegram dibuka kolom komentar, biar tanya jawab atau diskusi lebih mudah dan manfaatnya meluas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *