#365HariJokowiJKGagal Menjadi Trending Topik Indonesia!

#365HariJokowiJKGagal Menjadi Trending Topik Indonesia!

 

PayPal Rewel, Waktunya Pindah ke Payoneer dan Dapatkan Bonus 25$ Selengkapnya>>

sangpena.com | Lagi, untuk ke sekian kalinya trending topik Indonesia menyoroti kinerja pemerintahan Jokowi JK. Tidak tanggung-tanggung, trending topik #365HariJokowiJKGagal menjadi “pemuncak klasemen” dari semua trending topik yang muncul di daftar Indonesia Trends.

Banyak warga Twitter yang menyuarakan berbagai aspirasinya melalui hastag ini. Mulai dari yang sekedar cuitan untuk meramaikan hastag, sampai kritik kinerja Jokowi selama satu tahun terakhir.

Melihat “antusias” warga Twitterland yang luar biasa ini, rasa-rasanya tidak mungkin jika Trending Topik ini dibuat oleh bot yang biasanya pesanan untuk mengimbangi trending topik kritik sosial yang muncul alami.

 

Mendapatkan 600$ Pertama Tanpa Jualan Stock di Shutterstock! Selengkapnya...

365HariJokowiJKGagal
365HariJokowiJKGagal

Per jam 11:31 AM, 20/10/2015, Trending topik ini masih menduduki posisi paling atas. Dan berikut ini beberapa cuitan yang saya ambil:

Mana nawa citamu?? Jangan berjanji jika tdk bs menyanggupo. Jgn berkomitmen jk tdk bisa menepati. oleh @andikaardhy11.

Inilah sejarah indonesia paling memalukan dimuka bumi! oleh @putrakediri10

Apa yg dikatakan JK sblm pilpres akhirnya mnjdi pil pahit. Dan seluruh rakyat Indonesia jg ikut merasakan pahitnya. oleh @DhikkiE

Dan masih banyak lagi yang lain, ribuan atau bahkan puluhan ribu warga Twitterland yang menyuarakan opininya melalui hastag ini. Termasuk saya di sini.

Saya jadi teringat kepada sebuah hadits Nabi yang memang idealnya dijadikan pegangan bagi para pemimpin dan calon pemimpin: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (HR. Bukhari– 6015)

Semoga menjadi perhatian bersama oleh mereka yang menjadi wakil rakyat, bukan maling rakyat. Amanah kalian tidak selesai di sini, pertanggung jawabannya panjang, dan menanti di sana, apakah amanah itu menjadi jalan menuju nikmat surga, atau justru menjadi penyeret ke neraka.

Jakarta, 20 Oktober 2015.

sangpena

Penikmat sastra dan sains. Suka design grafis dan main biola. Menulis seputar teknologi dan bisnis di sangpena.com. Opini pribadi di 100kata.com Kesibukan sehari-hari bisa ditemukan wara-wiri di Kota Semarang. Ada pertanyaan? Hubungi di halaman kontak ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *