Update: MenujuΒ $3000 Pertama Dari Shutterstock

sangpena.com – Tulisan ini semata-mata hanya bertujuan untuk sharing, bukan pamer atau sok-sokan sudah bisa mendapatkan dollar dari internet πŸ˜€ . Special thanks untuk grup Microstock Indonesia Raya dan Graphic Microstock Grobogan yang jadi tempat berbagi pengalaman dan memetik banyak ilmu.

Update: Tulisan ini aslinya dibuat saat mencapai angka $300 dan diperbaharui menuju angka $3000 πŸ™‚ *buat motivasi saja ya, untuk “cara main” lebih lengkap ada di ss.sangpena.com

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock (SS) adalah perusahaan/agensi microstock teratas dalam hal penjualan dan memiliki perpustakaan terbesar. Didirikan pada tahun 2003 oleh Jon Oringer, Shutterstock telah memiliki lebih dari 60 juta stock yang meliputi foto, vector, illustrasi, footage dan musik dan telah membayarkan lebih dari $300 juta kepada contributornya. (stockuang)

Saya resmi bergabung menjadi kontributor di Shutterstock per tanggal 13 April 2016, jadi masih tergolong baru dan masih hijau. Tapi tidak ada salahnya berbagi lewat tulisan singkat ini, berharap ada yang bisa mendapatkan informasi bermanfaat dan kemudian bisa bergabung untuk turut ambil bagian.

Apakah Sulit Menjadi Kontributor?

Kalau dibilang sulit, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa bergabung di sini. Tetapi juga tidak tepat jika mengatakan gampang untuk bergabung menjadi Shutterstock Contributor. Ada beberapa tahapan dan syarat yang harus dilewati sebelum menjadi seorang kontributor, nah tahapan ini yang akan menentukan sudut pandang kita masing-masing, apakah sulit atau tidak.

Kalau tujuannya untuk mendapatkan earning (penghasilan) secara instan dan jumlahnya besar, jelas Shutterstock bukan pilihan tepat. Tapi kalau tujuannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara bertumbuh, Shutterstock bisa jadi pilihan yang tepat tentunya dengan syarat: konsisten dan istiqomah.

Kenapa harus Konsisten dan Istiqomah?

Jangan mengharap penghasilan besar dengan effort apa adanya. Jumlah portofolio dan kualitas tentu sangat mempengaruhi penghasilan. Apalagi macam penulis yang kemampuan design ala kadarnya. Salah satu solusi agar penghasilan kita tetap bertumbuh ya dua itu: konsisten dan istiqomah.

Penyakit utama di hampir semua hal adalah malas, termasuk di Shutterstock. Menjadi kontributor harus jauh-jauh dari sifat tersebut. Apalagi kalau kita ingin konsisten (memegang teguh) niat join Shutterstock adalah penghasilan, jangan pernah malas.

Buatlah target untuk mewajibkan diri sendiri, misal: sehari harus submit 10 buah vector. Penuhilah target tersebut secara rutin, kalau bisa ditambah. Maka secara hitungan angka, satu bulan kita bisa memiliki kurang lebih 300 vector, satu tahun kurang lebih 3600 vector. Berapa penghasilan dari 3600 vector? tidak ada yang tau, kualitas dan trend pasar akan sangat menentukan penghasilan. So, ikutilah trend pasar sepanjang tahun tersebut sampai mengerti pola dan kebutuhan pasar.

Hal yang tidak kalah penting adalah istiqomah. Istiqomah buat submit, buat belajar dan menambah skill, sampai istiqomah bersilaturahim dengan orang-orang yang memiliki kesibukan sejenis. Akan banyak ditemukan wawasan baru jika kita mau istiqomah.

Berapa total penghasilan di SS sampai hari ini?

Update Total Penghasilan: >1500$ | selengkapnya klik di sini.

Total Penghasilan Shutterstock
Total penghasilan per 25 November 2016 (update klik link di atas)

Berhubung saya masih baru, total Gross Earning di Shutterstock sejak join sampai hari ini (30 Juli 2016) hanya 321,21$ atau setara Rp4juta sekian. Mungkin tidak terlalu besar bagi yang penghasilannya sudah besar, tapi angka ini cukup membantu untuk beli martabak dan gorengan pas lebaran πŸ˜€ (tulisan lama)

Untuk penghasilan total di bulan Juli 2016, kurang lebih sudah mencapai 140$. Selengkapnya bisa dilihat di gambar berikut ini:

Cara Daftar Shutterstock

Angka di atas memang bukan angka pasti, dalam artian bukan berarti setiap bulan bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu. Sekali lagi faktor penentu besar tidaknya adalah: kuantitas (jumlah stock), kualitas, dan trend pasar. Yang tidak kalah penting adalah perbanyak do’a, karena Dia yang menggerakan para pembeli untuk memilih vector kita πŸ™‚

Trend Shutterstock

Gambar di atas ini adalah contoh trend, dalam 3 hari tersebut penjualan untuk kategori tertentu benar-benar tinggi. Maka, sering-sering lihat trend, kalender liburan dunia dan lain-lain lalu buat illustrasi (vector) sesuai trend tersebut.

Berapa penghasilan per download?

Update: Per bulan September kemarin, per download sudah mencapai 0,33$ πŸ™‚

Sampai saat ini, penghasilan per download hanya 0,25$ atau kurang lebih sekitar Rp3.000. Kok sedikit sekali? Benar, memang sangat sedikit. Bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi bayangkan jika sehari ada 1000 download. Berapa penghasilannya? banyak! Shutterstock memberi peluang penghasilan tak terbatas kepada kontributor yang terus menambah jumlah stok dan meningkatkan kualitas, maka pastikan untuk melakukannya.

Kabar baiknya, nilai per download akan terus naik seiring dengan penghasilan yang bertambah. Seperti yang tercantum dalam website Shutterstock:

Earning Shutterstock Breakdown

Jadi semakin lama bermain di Shutterstock, akan semakin besar pula kemungkinan penghasilan akan bertumbuh. Kalau pengen penghasilan lekas besar, harus terus menambah stock dan kualitas tentunya. πŸ™‚

Apakah Shutterstock Terbukti Membayar?

 

Bukti Pembayaran Shutterstock

Cukup gambar di atas sebagai bukti. Pembayaran Shutterstock terdapat beberapa opsi, tetapi saya hanya menggunakan PayPal karena prosesnya cukup cepat dan potongannya tidak terlalu kecil jika Withdraw ke Bank Lokal.

Mungkin ada pertanyaan, Apakah Paypal Harus Verifikasi Credit Card (CC)? Jawabannya adalah tidak, PayPal saya di atas belum verifikasi CC sama sekali tapi terbukti bisa melakukan penarikan ke bank lokal. Paling penting, pastikan data di PayPal sama dan valid dengan data identitas diri kita (termasuk rekening bank).

Contoh Design saya di Shutterstock?

Design Shutterstock

Tidak terlalu bagus? betul, tapi yang penting laku. Kadang sudut pandang kita berbeda dengan sudut pandang kebutuhan customer Shutterstock, ini yang perlu digali dan ditemukan. Butuh waktu dan pengalaman, tapi semakin lama kita sebagai kontributor akan mengerti #eaaa πŸ˜€

Design di atas tidak terlalu sulit dibuat, tidak sampai 5 menit bisa dibuat menggunakan Adobe Illustrator. Kalau bisa dan sudah pengalaman :pΒ  edisi sombongΒ  hahaha

Pendaftaran Shutterstock

Postingan lebih lengkap tentang pendaftaran Shutterstock bisa dibaca di sini.

Sebelum pendaftaran, pastikan menyiapkan hal-hal berikut ini:

  • Paspor & KTP
  • Niat untuk belajar
  • Istiqomah

Paspor dan KTP biar lebih mudah dijadikan dalam satu file PDF berbeda halaman (halaman 1 Paspor, halaman 2 KTP). Untuk pendaftaran klik di sini. Lengkapi semua data-data sesuai identitas diri.

Siapkan 10 buah vector, masing-masing dengan ekstensi file EPS 8 atau 10 ditambah file JPEG dengan ukuran 4000×4000 pixel. Gunakan aplikasi Adobe Illustrator untuk menghasilkan (membuat) gambar ini di tahap pertama.

Pastikan file EPS dan JPEGnya diberi nama yang sama, misal gambar1.EPS & gambar1.JPEG, gambar2.EPS & gambar2.JPEG dan seterusnya. Silakan diupload ke sepuluh gambar tersebut dan berdo’a sambil menunggu hasil review.

Contoh file EPS yang diterima Shutterstock

Tips & Trick Shutterstock

Tips dan trik ini bisa benar atau juga salah, tetapi sudah saya terapkan dan terbukti berhasil.

  1. Browsing berbagai kategori di Shutterstock
    Shutterstock menyediakan berbagai kategori yang bisa kita cek satu per satu. Browsing gambar-gambar populer di siin biasanya akan menemukan ide setelah melihat gambar yang top di halaman pencarian.
    Temukan banyak vector Shutterstock berkualitas di sini, masukkan keywordmu dan mainkan!
  2. Lihat akun yang lebih dulu sukses
    Setelah browsing, biasanya kita akan menemukan gambar bagus. Eits, jangan langsung close tab. Pastikan klik juga kontributor tersebut, cari lebih lanjut gambar-gambar berkualitas akun tersebut. Ingat, ATM. Amati! Tiru! Modifikasi! Design sudah jutaan, kita tetap bisa mengambil peluang dengan membuat versi gambar yang lebih baik.
  3. Kunjungi Pinterest
    Pinterest adalah gudang inspirasi design kreatif saya sampai saat ini. Selain designnya setiap hari yang selalu bertambah, banyak ilmu yang dishare di sana. Pastikan kamu juga mengambil peluang dan inspirasi yang terdapat di sini. Klik di sini untuk ke Pinterest.
  4. Lihat yang sedang Trend di Shutterstock
    Shutterstock juga punya trend yang bisa kita lihat lho, gk percaya? cek langsung di Shutterstock > Trend Shutterstock.
  5. Lihat Kalender liburan dunia
    Berbagai negara di belahan dunia punya jadwal liburan dan hari besar yang bisa kita bidik untuk dijadikan konten illustrasi di Shutterstock. Lihat di sini langsung gan > Holiday WorldWide.
  6. Cek yang sedang rame di Freepik
    Freepik hampir mirip dengan Shutterstock, tapi lebih sulit untuk menembus kontributor di sana. Gk masalah, kita ambil gurihnya saja: yang sedang rame di Freepik. Bisa langsung dicek di sini >> Top In Freepik. JANGAN PERNAH download di Freepik untuk diupload ulang di Shutterstock, kalau mau coba silakan, bila ada banned di kemudian hari, jangan salahkan πŸ˜€
  7. Kunjungi website-website turnamen grafis
    Banyak website-website turnamen grafis di bumi: Freelancer, 99design, designcontest, dan lain-lain. Tidak harus ikut turnamennya, tapi kita bisa melihat design yang sedang bagus di situ untuk kemudian (sekali lagi) kita ATM menjadi design yang lebih baik
  8. Download Aplikasi Official Shutterstock
    Biar tidak repot bolak-balik buka dashboard Shutterstock, aplikasi ini bisa menyajikan data secara realtime dan akurat. Sekalipun beberapa kali ya pernah gagal ambil data, minimal kita bisa lebih efektif menggunakan waktu.

Okaay, mungkin cukup sekian penjelasannya dari saya. Saya tidak berharap banyak teman-teman bisa langsung join di Shutterstock, apalagi dengan persyaratan Paspor yang tidak semua bisa memenuhi. Minimal informasi ini bisa sampai dulu, siapa tau di kemudian hari ada teman-teman yang berminat gabung menjadi Shutterstock Contributor. Ohya, di sini tidak hanya jualan gambar ya, foto dan video bisa juga dijual di sini, jadi masih ada peluang sekalipun bukan tukang design ahli kayak saya :v

Yang mau daftar, silakan klik DI SINI. Atau di link-link di atas. Semoga Catatan Menuju $2000Β Pertama dari Shutterstock ini bermanfaat πŸ™‚

Yang mau tanya-tanya, silakan kirim pertanyaan ke halaman contactΒ inshaAllah fast response dan langsung ke email penanya πŸ™‚

Daftar di Sini

Jakarta, 30 Juli 2016 | 11:14am

131 COMMENTS

  1. Ampun suhu, saya bikin sehari satu aja udah elap keringet apalagi sehari 10 20 30 wes mabokkk rek, salut deh. Lanjut terus karyanya tapi ojo ikutan kontes blog ya, soale itu lahan ku. Hehe aku ada paspor tapi buat jalan2, tapi anak ini dipakai untuk menghasilkan tabungan. Keren

    • hahaha, blog ini gk bisa ikutan blog kontes mbak, udah terendus ini siapa. Gk mungkin dimenangkan πŸ˜€ *paling pakai blog anonim misal ikut, pinjem nama ponakan, beress #eh

  2. Waaaa kecee emang kudu banyak ya biar bisa ngasilin banyak. Kalau dikit ya bisa jadi dikit. Tapi kece ya, bisa bikin gambar sebanyak itu dalam sehari.
    Congrats ya semoga istiqomah

  3. Kudu belajar Adobe Ilustrator nih. Sampai sekarang baru tahunya Corel Draw, itupun masih dasar. Salut buat agan yang bisa hasilin desain sebanyak itu dalam sehari. Kalau saya sudah pasti nggak mampu, mata saya nggak bisa lama-lama di depan layar.

  4. wah keren (y)
    aku juga masih tahap belajar bikin-bikin vektor nih, tapi kalau suruh bikin sampai satu hari sepuluh dan langsung di upload aku belum mampu T_T

  5. baru bisa gunain photoshop nih… itu pun masih baru banget… dan kalau disuruh buat… hmm… enggak deh.. aku cuma bisa redesign… kapan kapan boleh lah saya dikasih hasil vektornya.. yang bebas watermark tapi… hehhehe

  6. Mas… Saya Beli Aplikasi AI nya… Saya Download selalu Gagal..
    Jika tidak keberatan berapa Harganya? dan di Kirim Via POS/ZNE/ dll

  7. saya uda daftar gan .. lalu uda submit 10 gambar vektor sesuai arahan yang agan berikan tapi di reject terus soal nya keyword nya tidak sesuai , jadi mohon bantuan arahan lagi agar keyword nya sesuai dan di approve pihak SS mas
    thanks

    • Terima kasih sudah daftar mas, Shutterstock memang tidak semudah yang saya tulis di atas, hehehe. Ngomong-ngomong akunnya sudah full diapprove mas? paspornya? mungkin bisa japrian saja via email saya di me@sangpena dot com untuk fast response πŸ™‚

      Hatur nuhun

  8. wah peluang bagus nih gan tapi sayang cuma bisa maen corelDraw itupun belum ahli mana gak ada paspor hahaha nasib nasin :(. Sukses terus ya gan

    • Paspor gampang kok bikinnya, bikin vector juga bisa di Corel dulu, nanti trus dibuka lagi di Illustrator untuk “save as” ke EPS 8 atau 9. Tapi jadinya kerja dua kali, hehe

  9. Mas, kalo untuk referral contributor itu gimana sih maksudnya? Terus caranya gimana untuk nge-referral contributor lain itu? Thanks

    • Referral kontributor itu orang yang kita ajak bergabung jadi kontributor menggunakan link akun kita. Setelah mereka full approve, setiap ada download kita akan kebagian, tapi sedikit banget, 0,04$. Tapi ya lumayan kalau sebulan ada 1000 download dari referral kita, hehe. Selamat mencoba mas! πŸ™‚

      • ooh berarti yg kita referral itu orang2 yang baru mau daftar yaa, bukan orang2 yang sudah lama jadi contributor.
        anyway, thanks info nya mas. saya juga baru minggu kemaren jadi contributor dan sudah ada 6 stock approved foto. dan baru ada yang download sebanyak 5x πŸ˜€ *tears*

  10. bang utk paypal yg blm verifikasi apakah bisa dicairkan melalui bank lokal.dan bank lokal mana aja yang support paypal…haturnuwun infonya

    • punya ane kayaknya belum pernah verifikasi sampai hari ini bang, tapi sudah bisa withdrawal ke bank lokal. Udah pernah withdraw ke BNI sm Mandiri, bank lain belum pernah, tapi kayanya bank besar Indonesia bisa semua kok πŸ™‚ dicoba aja dulu, penting pastikan data-data yang digunakan valid semua pas bikin paypal, terutama nama agar sama dengan yang ada di rekening.

  11. 10 Gambar yang kita upload itu kalau diterima semuanya akun kita kan sudah full approve tuh. Yang mau saya tanyakan, 10 gambar itu masih ada gak? atau 10 gambar itu cuman untuk percobaan pihak shutterstock, trus nanti gambar itu dihapus πŸ˜€ hehe maklum pertama kali nih…

  12. Alhamdulillah nemu tips&trik receh di sini, terimakasih mas..
    Langsung di coba daftar dan langsung oplud,
    semoga berkah…

    salam kenal..

      • trima kasih mas, mau nanya saya ada maen di iconfinder.com, trus saya upload juga di shutterstock. APA boleh demikian mas.. ?, soalnya beberapa udah di Approve. ( seperti maen julo julo gitu mas pasang 2 mata ). dan APA tidak terkena banned di kemudian hari. makasih jawabannya. Salam dari Aceh.

        • Halo mas Faisal, sebelumnya terima kasih sudah meluangkan waktu membaca postingan ini. Shutterstock sifatnya non exclusive, jadi yang diupload di Shutterstock, boleh diupload di marketplace lain πŸ™‚

          Kalau yang exclusive macam fotolia, kalau sudah diupload di sana tidak boleh upload di marketplace lain. Demikian, semoga membantu πŸ™‚

  13. Halo mas, saya udh join shutterstock, ketika pertamakali saya submit 10 vector, sebelum direview, 4 vectornya gagal direview krn keywordingnya salah. Ketika sdh saya perbaikki 4 vector itu dan mau disubmit, gagal krn hrs menunggu 6 vector yg sedang direview. Kira2 saya bakal ngulang dr awal lg ga ya mengingat u submit pertamakali hrs 10 vector. Makasii πŸ™‚

    • bisa mengulangi mas, santai saja πŸ™‚ selamat mencoba ya. Ngomong-ngomong, misal dari sepuluh itu ada yang gk lolos (katakanlah 4 yang gk lolos) tetap bisa jadi full approve Shutterstock contributor

  14. waah.. ngiler..

    1. kalo misalkan file yng sama kita upload juga di situs microdtock yang lain masalah gak gan?
    2. oh iya.. kalo pakai paspor orang lai (teman/sodar) boleh gak gan?
    3. terus kalo biodata yg ada di paspor sama biodata yang kita isi nanti berbeda itu masalah gak gan?

    Maaf gan banyak nanya.. aku suka artikelnya.. sangat2 menginspirasi..

    • hehehe, semoga konsisten untuk turut mencoba. Terkait pertanyaannya ya:
      1. Gak masalah, selama itu memang benar-benar karya kita sendiri silakan diupload dan dijual di Shutterstock. Asal jangan dari logo yang pernah menang di kompetisi lomba ya (misal).
      2. Paspor orang lain boleh, pastikan data yang digunakan untuk daftar sekalian pakai data orang lain tersebut sekalian.
      3. Sama, jadi usahakan bikin email dan lain-lain yang sesuai data paspor.

      Trims.

  15. Halo Mas,
    Mau tanya saya sudah daftar ke SS dan kirim 1 image jpeg, dan dapat balasan email : Good News! You’ve been approved. Kebetulan gambar saya aslinya desain vektor tapi saya kirimkan yang jpeg.
    Saat ini saya belum bisa submit lagi karena masih verifying ID dan suruh sabaaaaarrrr πŸ™‚
    Apakah ada kemungkinan berlanjut ya, karena waktu sign up hanya menyertakan scan KTP.

    terimakasih sharingnya…

    • pakai paspor sodara boleh, tapi semua data harus nama sodara, termasuk paypalnya (kayaknya). Ane ada akun Shutterstock lain, tapi juga atas nama sodara, dengan data-data lengkap dari sodara πŸ™‚

      Selamat mencoba!

    • sebenarnya vector sederhana kalau tag sama description tepat sasaran tetap memungkinkan untuk ditemukan pembeli kok. Saran saya coba lihat-lihat stock populer di Shutterstock, pelajari cara mereka kasih title (description) sm tag untuk gambar. Intinya ya memang harus terus menerus nambah stock πŸ˜€ hehe, selamat mencoba ya.

  16. Jadi yg paling mudah untuk jd kontributor di Shutterstock ya mas dibanding yg lain? Atau ada situs lain jg?
    Makasih ya, infonya sangat bermanfaat. Jadi tambah semangat ‘orat-oret’nya πŸ˜‰

    • Sebenarnya malah Shutterstock yang paling sulit, jadi kalau sudah lolos di Shutterstock kemungkinan akan lolos juga di Microstock yang lain πŸ™‚

      Intinya tidak berhenti mencoba dan belajar, makin banyak stock, makin besar kemungkinan untuk memperoleh hasil besar. Hasil = kuantitas + kualitas

      • Sip makasih byk ya mas, btw situ Semarang juga? Jgn2 pernah ketemu di dunia nyata haha.. Mksh byk sekali lagi, ntar tanya2 lg ya mas setelah portofolio saya cukup hehe

        • Asli Semarang? saya pendatang πŸ™‚ | mungkin pernah ketemu di event Blogger (mungkin). Siip, monggo tanya saja kalau ada pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

    • setahu saya gk ada batasan mas, cuma ada baiknya untuk upload berikutnya diusahakan sebaik mungkin untuk meminimalisir penolakan.

    • wkwkwk, aslinya menuju 300, kemarin sudah terlampaui 2000$, sekarang diedit lagi judulnya pas menuju 3K. πŸ˜€

        • bisa dibuka kok, coba dicek lagi linknya πŸ™‚ sudah diperbaharui, yang kemarin dipasang di portofolio malah gk bisa diakses via mobile. Monggo meluncur ke TKP πŸ™‚

  17. mas pena… mw tanya saran… kalau yang kita upload di shutterstock lalu kita upload lagi di dephosit foto atau fotolia bagaimana? apakah ada konsekuensi yang berat?

    • boleh banget mas, asal pas upload di Fotolia atau Deposit Photo dibuat non=exclusive πŸ™‚

      Punya saya ya di Shutterstock sama Fotolia kok, baik-baik saja.

  18. bro pena,,
    saya juga barusan ikutan difotolia, tapi masuk ke adobe stock..upload vector gagal terus..
    apakah bro pena mengalami hal yang sama?

    • Yang daftar belakang2 ini memang otomatis masuknya langsung ke Adobe Stock bro, jadi seringnya memang ada problem antara Fotolia (versi lama) dengan versi di Adobe Stock, jadi solusinya masih belum tau, karena sampai sekarang, tampilan ane gk migrasi ke Adobe Stock seperti kontributor yang baru πŸ™‚

    • biarin aja mas, kan pas upload itu sudah dikasih keyword sama title di gambarnya, jadi tugas search engine untuk indexing dan ditemukan oleh calon pembeli. Gk perlu promo juga, sekalipun bisa juga sih kita bikin blog khusus yang dikasih tautan ke portofolio gambar kita di Shutterstock πŸ™‚

    • Yang belum punya paspor, coba aja ikutan Fotolia dulu, lebih gampang πŸ™‚
      Tapi misal umurnya sudah cukup dan punya kemampuan design paling baik membuat paspor trus daftar jadi kontributor Shutterstock πŸ˜€

  19. Master yang terhormat sama sama orang grobogan nih mas tolong bantuanya mas lagi bersaha nih baru tanap review mohon di bantu kali aja bisa ketemu sharing2
    Minta kontak nya mas boleh?

  20. salam sangpena,
    saya baru memulai shutterstock, untuk koleksi gambar saya sudah banyak menggambar untuk batik dan background, tetapi belum sempat kepikiran untuk menjual di shutterstock. saya mau tanya untuk pembayaran yang bagusnya via check atau paypal? dan untuk submit gambar apakah langsung di bayar atau tunggu dulu sampai ada yang download yah?

    demikian dari saya, salam dan terima kasih.
    Yudha TP

    • Halo mas Yudha, terima kasih sudah meninggalkan jejak di sini. Semoga awal yang bagus untuk mendapat rezeki dari Shutterstock ya.
      Kalau saya pribadi lebih recommend untuk pakai PayPal karena minimum Payout cuma $35. Kalau mau pakai check bisa lebih lama karena minimum payoutnya $500.

      Kita memperoleh royalty kalau ada pembeli yang download gambar, jadi tidak langsung dibayar begitu upload diapprove reviewer.

      Terima kasih.

  21. selamat om,.udah sampek segitu ya perbulannya..
    saya juga udah mulai di shutterstock dari 2016..
    oiya masalah ATM. Amati! Tiru! Modifikasi! itu mending di aplikasikan ke contributor luar negri aja mas,.
    jangan sampai kita saling menjatuhkan sesama contributor dari indonesia ya mas,.
    mari kita saingi contributor negara lain,..
    semangat,.

    • segitu berapa mas? masih angka 300-400$ belum sesuai judul πŸ˜€ itu kalau total.

      Setuju banget, ATM untuk kontributor luar negeri saja. Terima kasih sudah berkunjung.

    • saya biasanya pakai keyword suggestion plus lihat gambar yang top di pencarian dengan keyword gambar yang dibuat πŸ™‚

      Sebenarnya paling gampang ya sering-sering praktek, hehe πŸ˜€

  22. Halo, Mas.

    Salam kenal ya, Saya Khaidir πŸ™‚

    Saya daftar SS beberapa waktu lalu dan sudah memasukkan ID Paspor dll. sewaktu mengupload portfolio, saya mengupload beberapa karya cat air karna saya lihat di gallerynya cukup banyak karya cat air. karya-karya saya tadi saya kirim dalam format .JPEG. namun keesokkan harinya langsung dapat email dari SS yang berisi karya saya belum masuk dalam kriteria mereka.

    Pertanyaan saya: Apa portfolio yang di review harus berupa vector? ada tips singkat mungkin dari mas untuk portfolio yang akan di review?

    Warm Regards,
    Khaidir

    • Halo mas khaidir, itu yang cat air pas upload 10 design pertama ya? saran saya untuk 10 design pertama dibuat vector saja, kayaknya lebih aman begitu.

  23. Misi mas sangpena,
    Saya baru 2 minggu an nih plajari dunia SS, ada beberapa pertanyaan yg mau saya tanyakan hehe
    1. Untuk ATM(amati, tiru, modifikasi) itu masuk dalam artian kita download vector yg sdah pernah d upload trus kita modifikasi dari sisi letak, warna, kecerahan, dsb…?
    2. Untuk website freepik ni mas, kasusnya di sini saya waktu upload 10 vector yg pertama itu saya download 10 vector di freepik, lalu saya modifikasi sampai di approval. Aman gk mas kalau saya pakai cara itu trus? πŸ˜€
    3. Yang terakhir ni mas, saya pernah dengar dri teman saya yg sudah lebih dulu terjun ke dunia SS “Kalau kita sudah lulus minimal 7 vector pertama, untuk selanjutnya kita bebas upload tanpa melewati saringan lagi dri pihak SS” Tpi penggalaman saya sndiri ni mas, saya sudah upload beberapa vector tapi masik sering kali SS rejec desain saya. Apa ada saran mas agar desain kita bisa langsung di Approval?

    • Halo mas, saya jawab satu-satu ya:
      1. ATM yang saya maksud di sini bukan sebatas itu ya, tapi benar-benar ATM: pelajari dan pahami konsep dari design orang lain, lalu DIBUAT ULANG dengan gaya dan versi kita, bukan sebatas MODIFIKASI. Apalagi macam download trus dimodifikasi, lalu apa bedanya kita dengan pencuri hak cipta orang, karena pada dasarnya cuma diubah letak, warna, dll? Jauh-jauh dari yang seperti ini biar contributor Indonesia dihargai contributor dari negara lain.
      2. SANGAT TIDAK AMAN, tinggal menunggu waktu kontributor freepik tau trus melaporkan bahwa karyanya telah dicuri dan dimodifikasi ulang ke pihak Shutterstock. Biasanya langsung berakibat BANNED PERMANEN. Hati-hati.
      3. Setiap batch gambar yang diupload selalu melewati proses REVIEW, yang benar adalah JUMLAHNYA tidak dibatasi per upload sebagaimana pas awal gabung Shutterstock (review pertama).

      Terima kasih.

  24. Mas klo upload pertama harus 10 vector yg harus di upload? Nah utk selanjut nya kapan & brp vector yg harus di upload?
    Trus biaya pembuatan paspor itu brp ya?

    • Setelah 10 vector pertama approve (atau entah berapapun dari 10 yang berhasil lolos) kemudian dinyatakan diterima sebagai kontributor, berikutnya berapapun upload vector sudah boleh, sedikit atau banyak gapapa.

      Biaya paspor saat ini 350-500rb kayaknya. Langsung datang aja ke Imigrasi.

  25. saya kemaren udah upload 10 eps dan 10 jpg tetapi yang diaprove cuma 1 ,lalu pertanyaan saya apakah masih bisa di kirim ulang gan ? apa sudah tidak ada kesempatan lagi ?

  26. klo daftar di ss dan jadi contributor tapi passport nya nyusul setelah sudah sampai batas minimum penarikan bisa gk ya

LEAVE A REPLY